Artikel

Cara Remaja Menghindari Narkoba

Dibaca: 0 Oleh 19 Sep 2019Desember 19th, 2020Tidak ada komentar
Cara Remaja Menghindari Narkoba
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

bnn.go.id – Balangan Membicarakan mengenai narkoba maka harus ada solusi tepat dan juga cepat untuk menghindari narkoba khususnya para remaja. Bagaimana cara yang sesuai dan bisa dipraktekan oleh anda sebagai orang tua, keluarga atau justru anda yang memang masih remaja, berikut ini trik mudahnya.

  1. Selektif dalam Pergaulan

Ketika masa remaja datang memang rasa penasaran dan ingin tahu sangatlah tinggi, untuk itu remaja sering mencoba hal-hal yang bisa dibilang aneh, nyentrik dan berbeda. Namun hal ini tidak berlaku untuk narkoba karena berbahaya dan membuat siapapun merasa kecanduan. Hal pertama yang bisa digunakan untuk menghindari narkoba.

Biasanya teman yang menjebak akan mengatakan para remaja tersebut pengecut atau penakut jika tidak berani mencoba narkoba. Padahal efek yang akan ditimbulkan akan panjang dan merusak hidup, belum lagi jika anda tidak bisa lepas sampai terjadi kematian atau Overdosis. Cobalah cari teman yang sama-sama “gentlemen” dan menantang tanpa harus bersikap negatif.

  1. Perkuat Iman

Memperkuat iman merupakan cara lain menghindari narkoba, untuk tidak terpengaruh dari narkoba biasanya para orang tua membekali dengan spiritual yang baik. Dengan begitu para remaja akan merasakan beban moral yang buruk jika menggunakan narkoba, spiritualitas sendiri merupakan kondisi dimana jiwa senantiasa diarahkan kepada hal baik dan mengikuti ajaran agama. Seorang remaja akan merasa bersalah jika melakukan hal yang salah, jika imannya sudah dipertebal maka secara tidak langsung mereka akan menghindari hal buruk termasuk narkoba.

  1. Jangan mencoba

Kesalahan terbesar semua remaja yang terjebak di narkoba adalah karena mereka bermula dari keinginan mencoba, kemudian ketagihan, kecanduan dan akhirnya overdosis. Perlu diingat bahwa narkoba bukanlah sesuatu yang bisa dicoba, sekalipun iman anda tebal atau keinginan anda hanya untuk ingin tahu saja.

Narkoba bekerja berdasarkan biologis tubuh, dimana sistem tersebut tidak bisa diatur ataupun dibatasi. Seperti halnya anda meminum obat ketika tubuh terasa sakit. Namun hal ini dibalik, anda akan merasakan sakit jika tidak meminum obat. Alasan inilah yang membuat narkoba tidak layak dicoba, mengingat efeknya untuk menjadi kecanduan sulit untuk dihilangkan. jika sudah kepalang anda merasa bahwa remaja tersebut menggunakan narkoba dan Gejala Psikologi Penggunaan Zat Adiktif terlihat, segera tangani atau rehabilitasi.

  1. Miliki Kegiatan Positif

Selanjutnya adalah kegiatan positif, beberapa remaja yang terjebak oleh narkoba bisa terjadi akibat tidak adanya kegiatan yang mengisi waktu luang mereka. Remaja memiliki masa pertumbuhan yang tinggi, karena itulah mereka harus menyalurkan kegiatan dan juga energi mereka. Seringkali remaja yang tidak memiliki kegiatan positif mencari-cari masalah untuk mengisi waktu luang mereka yang membosankan.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel