Edukasi

Mau tau gimana proses masa peralihan

Dibaca: 1 Oleh 11 Okt 2019Desember 19th, 2020Tidak ada komentar
Mau tau gimana proses masa peralihan
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

BNN.GO.ID, Balangan – Arbainsyah,S. Pd Kasi Rehabili BNNK Balangan Menjelaskan Masa peralihan dari jaman kanak-kanak menuju jaman dewasa. Di masa transisi inilah, remaja cenderung mudah sekali terpengaruh oleh hal-hal yang menjurus ke kebaikan ataupun keburukan. Hal itu baik disebabkan karena lingkungan keluarga atau lingkungan masyarakat sekitar. Hal tersebut bisa terjadi karena bagi mereka masa ini adalah masa percobaan, masa pembuktian, dan masa pencarian identitas diri.

Mau tau gimana proses masa peralihan

Secara psikologi terdiri dari:

Transisi Biologis
Pada masa transisi ini, remaja akan mengalami perubahan fisik seperti bertambahnya ukuran tinggi badan atau berat badan, perubahan suara dan tumbuh jakun pada laki-laki, dan menstruasi pada perempuan. Pada tahap ini, masalah yang sering dihadapi khususnya cewek ialah masalah berat badan dan membesarnya organ tubuh di bagian-bagian tertentu. ya, cewek remaja biasanya merasa risih atau tidak nyaman dengan kondisi badan mereka yang berubah misalnya menjadi lebih gemuk, dan kemungkinan juga sering munculnya jerawat saat akan datang bulan. Hal itu akan membuat mereka benar-benar merasa tidak nyaman, dan terkadang merasa kurang percaya diri.

Transisi Kognitif
Pada transisi ini, perubahan yang terjadi lebih kepada perubahan cara berfikir atau sudut pandang. Remaja cenderung mulai berfikir idealis dan logis, sebab mereka mulai membanding-bandingkan dari pendapat satu dan pendapat lain. Sesuatu yang mereka lihat akan mereka bandingkan dengan pengalaman mereka pribadi dan sudut pandang mereka sendiri. Karakter diri akan nampak sekali pada masa transisi. Masalah yang berkaitan dengan transisi ini ialah masalah dimana remaja sudah mulai sering membangkang apa yang dikatakan oleh orang tua. Mereka akan sering adu argument dengan orang tua mereka. Karena mereka beranggapan bahwa dirinya sudah bukan anak kecil lagi, sehingga mereka beranggapan bahwa mereka bisa berfikir sendiri dan mengambil keputusan sendiri.

Transisi Sosial
Hal-hal yang berkaitan dengan transisi ini yakni perkembangan emosional. Perkembangan emosional remaja nantinya akan mempengaruhi mereka dan hubungan mereka dengan social. Dengan adanya perkembangan emosional ini akan membuat mereka jadi lebih bisa beradaptasi dan mudah bergaul dengan orang lain. Selain itu mereka juga bisa memahami mana hal yang baik yang bisa mereka ikuti nanti atau buruk yang harus mereka jauhi. Namun, di masa ini, proses remaja untuk mengenal sosialnya tak semudah itu. Masa transisi adalah masa dimana remaja mudah terpengaruh. Masih baik jika mereka terpengaruh oleh hal-hal yang baik, takutnya mereka terpengaruh oleh hal-hal yang buruk seperti ikut-ikutan temannya minum-minuman, pecandu narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya banyak bandar yang mengincar kalian sobat!!

Nah!!!! Sobat BNNK Balangan semoga di masa peralihan, kalian tak mudah terpengaruh dan terjerumus ke perbuatan yang menyimpang dari nilai dan norma yang berlaku di masyarakat di tempat kalian masing masing ya!!!

Mau tau gimana proses masa peralihan

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel